Posted on Leave a comment

Kebiasaan yang membuat sehat secara finansial

Generasi muda saat ini sudah mulai melek dan aware dengan kondisi keuangan pribadinya. Apalagi banyaknya influencer dan financial consultant yang bikin konten di media sosial tentang literasi keuangan dengan gaya asyik dan mudah dimengerti sehingga banyak diikuti oleh anak muda masa kini. Tapi tak sedikit juga yang bingung nih harus mulai dari mana ya?

Ternyata, mengatur keuangan pribadi bisa diawali dengan menerapkan kebiasaan ‘finansial sehat’ yang bisa bikin hidupmu bebas drama. Apa saja?

Awali dengan Membuat Budget Keuangan Bulanan Secara Rutin

Banyak orang yang mengalami kesulitan keuangan karena tidak tahu berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhannya. Bahkan tak sedikit yang berujung dengan tenggelam dalam hutang.

Cara terbaik untuk memantau pengeluaran bulanan adalah dengan membuat budget keuangan bulanan. Sesederhana menuliskan semua tagihan dan pengeluaran di selembar kertas setiap bulannya, bisa juga memanfaatkan cara yang lebih praktis seperti menggunakan program di komputer atau aplikasi smartphone. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan pembayaran berdasarkan gaji bulanan misalnya untuk tagihan, membayar cicilan hingga kebutuhan pokok.

Tracking Kebiasaan Finansialmu Saat Ini

Kalau sudah membulatkan tekad untuk menata keuangan, mengevaluasi kebiasaan finansial itu wajib dilakukan. Untuk membantu mengatasi pengeluaran yang tampak tak terkendali, lacak semua pengeluaran selama satu bulan untuk melihat apa saja yang dibelanjakan.

Cek mana yang perlu dicoret atau dialihkan ke pos pengeluaran lainnya. Misalnya kebiasaan membeli kopi di pagi hari atau makan siang di tempat kerja yang bisa dihemat. Alih-alih membelanjakannya untuk hal-hal yang kurang penting atau bisa ditunda, lebih baik masukkan ke dalam tabungan atau investasikan.

Manfaatkan Fitur Auto-save untuk Menabung atau Reksadana

Boro-boro menabung atau investasi, gaji saja seringkali sudah habis sebelum akhir bulan. Letak kesalahannya ada pada kebiasaan menunggu sampai ada uang yang tersisa, baru dimasukkan ke dalam tabungan atau diinvestasikan.

Biasakan diri untuk memprioritaskan menabung atau investasi. Menumbuhkan kebiasaan ini juga semakin mudah kok karena sekarang digital banking makin canggih dengan kehadiran fitur auto-save. Lewat fitur ini, kamu bisa mengatur dana yang otomatis dipindahkan ke rekening tabungan atau reksadana begitu gaji baru masuk.

Selalu Bayar Tagihan Tepat Waktu

Sering melewatkan due date saat tiba waktunya membayar tagihan karena lupa? Akibatnya, jadi sering ditelpon CS, dikenai denda bahkan sampai mengalami mati listrik atau pemutusan internet. Bayar tagihan tepat waktu jadi salah satu kebiasaan finansial sehat biar keuangan bebas drama.

Ada solusi untuk memastikan pembayaran tagihan tepat waktu, misalnya dengan memilih tanggal tertentu yang mudah diingat untuk membayar tagihan. Selain itu, pakai sistem autodebet untuk tagihan dengan memanfaatkan Fitur Berlangganan yang tersedia di aplikasi DANA, bikin bayar tagihan lebih praktis, bebas lupa dan tentunya bebas denda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *